RSUD dr. M.Thomsen Nias Laksanakan In House Training Bantuan Hidup Dasar (BHD) Tahun 2022

Kasus henti jantung mendadak (sudden Cardiac Arrest/SCA) adalah penyebab kematian yang tertinggi hampir di seluruh dunia. Banyak korban henti jantung berhasil selamat jika orang di sekitarnya bertindak cepat dan tepat dalam memberikan pertolongan, Bantuan Hidup Dasar (BHD) adalah tindakan darurat untuk membebaskan jalan nafas, membantu pernafasan dan mempertahankan sirkulasi darah tanpa menggunakan alat bantu.

Rumah Sakit sebagai salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat mempunyai peranan penting dalam meningkatkan derajat kesehatan. RSUD dr. M. Thomsen sebagai Rumah Sakit Rujukan Se-kepulauan Nias mempunyai komitmen memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar professional yang sudah ditentukan dengan dukungan sumber daya manusia piawai dan cekatan dalam penanganan medis Oleh karena itu RSUD dr. M. Thomsen Nias melaksanakan In House Training bantuan Hidup Dasar (BHD) yang bertujuan melatih seluruh petugas/pegawai dalam memberikan bantuan pernafasan dan kompres jantung bagi seseorang yang mengalami henti jantung/nafas di area Lingkungan rumah sakit maupun di tempat lain.

Direktur RSUD dr. M. Thomsen Nias diwakili Kepala Bagian Tata Usaha Rini Kurniawati Ndruru , SKM memberikan arahan sekaligus membuka pelaksanaan In House Training Bantuan Hidup Dasar (BHD) kepada seluruh petugas/pegawai dilingkungan RSUD dr. M. Thomsen Nias , Rabu 31 Agustus 2022. Dalam arahannya menyampaikan bahwa kemampuan dalam memberikan bantuan Hidup Dasar (BHD) menjadi hal yang sangat penting bagi seluruh petugas/pegawai rumah sakit yaitu untuk memberikan pertolongan dasar kepada pasien dan pengunjung yang mengalami henti jantung dan henti nafas sebelum mendapatkan penanganan medis. Semoga dengan adanya In House Training Bantuan Hidup Dasar (BHD) ini seluruh petugas/pegawai di RSUD dr. M. Thomsen Nias semakin terampil dalam memberikan pertolongan bantuan hidup dasar kepada seluruh pasien atau orang yang mengalami henti nafas/jantung.

Kepala Subbagian Sumber Daya Manusia, Pendidikan, Pelatihan dan Penelitian Emerensiana Daeli, AMd.Keb selaku Tim pelaksana In House Training Bantuan Hidup Dasar (BHD) menyampaikan bahwa, pelaksanaan kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 31 Agustus sampai tanggal 16 september 2022 dan melibatkan seluruh petugas/pegawai lingkup RSUD dr. M. Thomsen Nias sejumlah 400 orang antara lain Pejabat sturktural dan seluruh staf Manajemen, Dokter Spesialis/Dokter Umum/Dokter Gigi , Perawat/bidan dan tenaga fungsional lainnya serta anggota Satuan Pengamanan (Satpam) dan Cleaning Service (CS).

In House Training Bantuan Hidup Dasar (BHD) tahun Anggaran 2022 lingkup RSUD dr. M. Thomsen Nias dilatih oleh tenaga – tenaga dokter yang ahli dan berkompeten serta berpengalaman dalam bidangnnya yang terdiri dari dr. Adieli Zega, M.Kes, dr. Desryata Hia, Sp.An, dr. Christian Sawato Saro Gulo, M.Ked (an),Sp.An dan dr. Hetty Debora Daely. (Tim websitte.Nrg)

Leave A Reply

Your email address will not be published.